Sabtu, 22 Juni 2019

POHON PALEM MERAH

PALEM MERAH 

bibit palem merah 2 meter
bibit pohon palem merah 2 meter

Pohon Palem dikenal secara Latin dengan Monocoty ledoneae, Ordo Arecales dan Famili Arecaceae. Tumbuhan ini tersebar di daerah tropik, dan hutan hujan tropik. Meski pada dasarnya tanaman ini menyukai tanah yang gembur serta lembab, ia juga mampu hidup pada tanah kering dan berbatu.

Disebut Palem Merah karena pohon palem ini memiliki pelepah yang berwarna merah cerah dan mengkilap jika terkena sinar matahari.  Pohon palem ini sangat cantik jika ditanam sebagai hiasan rumah, sebagian orang menanam palem merah di halaman depan rumah dengan tujuan menarik feng shui baik untuk tempat tinggalnya.

Manfaat Palem Merah

Palem merah termasuk jenis tanaman serbaguna. Misalnya,

1. Sumber tanaman hias,
2. Untuk tanaman perindang
3. Untuk feng shui (keberuntungan)
4. Untuk menetralisir aura negatif
5. Untuk mencegah tanah longsor

Budidaya Palem Merah

Pohon palem dapat dibudidayakan dengan cara perbanyakan Secara Vegetatif, yaitu:

Jenis palem yang berumpun antara lain: Palem Kuning (Chrysalidocarpus lutescens), Pinang Merah (Cyrtotachis renda) Pinang Yaki (Areca vestiaria).

Palem-palem tersebut di atas diperbanyak dengan memilah tunas rumpun. Anakan dipotong dari induknya, dibiarkan selama sebulan sampai akar terbentuk. Setelah akar terbentuk baru dikeluarkan dari induknya. Atau setelah pemilahan, bagian yang luka diolesi dengan terpenting.

Perbanyakan Secara Generatif

Jenis palem yang cocok diperbanyak dengan biji adalah: Nibong (Pigaffeta filaris), Caryota urens, Areca vestiaria, Pinanga caesia, Pinanga kuhlii, dan lain-lain. Buah palem terdiri atas bagian-bagian:
1) Kulit buah
2) Daging buah
3) Kulit biji
4) Daging biji

Kebanyakan biji palem berkulit keras. Hal tersebut merupakan salah satu keadaan yang menyebabkan palem sukar berkecambah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka biji perlu diperlakukan terlebih dahulu.

Harga palem merah 


Harga palem merah yang beredar di pasaran cukup variatif sesuai dengan ukuran. Namun, Kami menyediakan bibit palem merah yang berkualitas dari penangkaran yang terjaga dan terawat.

1. polybag kecil 30 cm harga 35.000
2. polybag kecil 50 cm harga 50.000
3. Dongkelan besar tinggi 150 cm harga 170rb.
4, Dongelan besar tinggi 200 cm (2 Meter) harga 220.000

Untuk pengambilan lebih dari 5 pcs, akan ada diskon.

Banyak palem yang sudah dimanfaatkan untuk tanaman hias pinggir jalan ataupun taman. Misalnya palem raja dan palem merah. Di samping yang sudah umum dikenal, banyak juga palem liar yang telah ditanam (dibudidayakan) sebagai tanaman hias. Sebagai contoh pinang yaki, sarai atau pinang tutul.

Namun masih banyak jenis-jenis palem yang cantik menawan, unik dan menarik serta kokoh kuat yang dapat dimanfaatkan sebagai pengisi ruang terbuka hijau, tetapi belum dikenal baik keberadaan sosok tubuhnya maupun pembudidayaannya.

Jika bibit palem merah ditanam Ruang terbuka hijau mempunyai fungsi dia taranya:
1) memperbaiki fungsi resapan air tanah;
2) mengasimilasi pencemaran udara khususnya CO2, NO2 dan debu;
3) meningkatkan keanekaragaman hutan kota.

Demikian artikel tentang palem merah.. Jika berminat membeli bibit palem merah, kami menyediakan bibit yang siap tanam. Hubungi nomor 085747747475.. Bisa ke tempat kami di Jogja, Kami bisa bantu kirim-kirim untuk seluruh wilayah Indonesia.





1 komentar: