Senin, 22 Juli 2019

Penyemaian Bibit Palem Merah

Cara Penyemaian Bibit Palem Merah

Budidaya pohon palem merah
Penyemaian Bibit Palem Merah

Palem Merah bisa dibudidayakan secara generatif atau penyemaian benih. Di sini saya akan mengutarakan cara penyemaian pohon palem merah melalui buahnya. Berikut tahapan untuk penyemaian pohon palem merah:

Tahap 1: Memilih Benih


Dalam memilih benih palem emrah, usahakan selalu memetik biji yang sudah matang. Buah dari biji tersebut biasanya berwarna menonjol. Mereka bisa berwarna hitam, coklat, merah, oranye atau kuning. Jika buahnya berwarna hijau, tunggu sebentar dan akan berwarna.

Pilih buah yang ukurannya memadai. Ini membutuhkan pengalaman untuk mengenali. Kadang-kadang "mengkerut" dibuat - biji kecil dan belum matang yang tidak akan pernah berkecambah. Buang-buang waktu untuk membodohi ini.

Ingatlah bahwa beberapa pohon palem merah tunggal, dengan sendirinya, dapat membuat benih yang layak. Ini disebut spesies monoecious (monokotil) . Ini memiliki bunga jantan dan betina. Tapi, ada juga telapak tangan dioecious (dikotil) di mana laki-laki dan perempuan dibutuhkan. Tanpa serbuk sari jantan, semua biji akan menjadi "tak berguna".

Tahap 2: Memeriksa Kelayakan Benih 


Bergantung pada spesiesnya, viabilitas benih bervariasi dari beberapa minggu hingga enam hingga dua belas bulan. Biji kecil biasanya memiliki durasi yang lebih singkat. Selain itu, biji palem merah yang lebih tropis dan lebih pendek memiliki waktu yang lebih singkat mulai dari pematangan hingga hilangnya viabilitas. Seperti yang diantisipasi, benih yang berasal dari habitat yang lebih kering biasanya memiliki jendela viabilitas yang lebih lama. Palem merah harga.

Periksalah penampilan umum biji palem emrah. Biji yang baik terlihat lebih segar dan terasa lebih berat di tangan. Biji tua terlihat kering dan terasa lebih ringan.

Cara mengetes: Biji palem merah yang hidup tidak pernah roboh ketika terjepit di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda. Jika benih benar-benar runtuh, mereka adalah benih yang belum matang atau sudah tua, biji kering dengan lubang udara internal dari busuk hingga embrio atau endocarp. Buang biji tersebut.

Potong Buka Beberapa Bibit: Anda memotong bijinya panjang dan mencari rongga dalam batin. Jika Anda melihat pusat yang kosong atau busuk, kemungkinan 99% bahwa benih itu tidak baik. (lihat foto biji Astrocaryum ke kiri)

Benih palem merah yang layak selalu tenggelam ke dasar ketika direndam dalam air dan benih yang buruk mengapung karena alasan yang dijelaskan di atas. Ini memberikan ketentuan bahwa setiap lapisan luar berserat dari benih telah dihilangkan. Ada beberapa pengecualian, tetapi floaters biasanya tidak berkecambah.

Memotong benih representatif menjadi dua dapat mengungkapkan masalah busuk awal atau pengeringan.

Tahap 3: Merendam Benih Pelem Merah


Bibit palem merah baru-baru ini dibersihkan dari buahnya yang matang dan kenyal tidak perlu direndam.

Bibit palem merah yang dikirim secara internasional atau dari broker selalu mendapat manfaat dari 24 jam berendam dalam air bersih. Beberapa petani menganjurkan air bebas klorin untuk berendam.

Berendam sebelum menjahit memberi benih lompatan awal dan membantu merevitalisasi benih yang lebih tua. Dengan jendela waktu viabilitas embrio berumur pendek, rehidrasi semacam itu mungkin merupakan perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.

Perendaman dapat dihilangkan jika seseorang menggunakan sistem gerimis otomatis dan intermiten yang efektif. Namun, dengan sebagian besar teknik konvensional, berendam akan terbukti menguntungkan.

Perendaman dapat melindungi benih dari pengeringan dalam jangka pendek. Tetapi, seperti dijelaskan di bawah ini, Anda harus membuat kabut atau menyirami benih agar media tetap lembab.

Perendaman yang berlebihan akan menghasilkan gelembung dari fermentasi buah yang tersisa pada biji. Jika periode perendaman yang lebih lama digunakan, ganti air setiap hari.

Tahap 4: Teknik Perkecambahan


Ini adalah metode dimana benih dijahit dalam wadah atau bedengan, biasanya banyak biji diletakkan berdampingan di tanah yang berkecambah.

Ini adalah teknik yang paling sering kita gunakan. Ini lebih hemat ruang bagi kami. Kami tidak menggunakan "Teknik Baggie" yang dijelaskan di bawah ini kecuali dalam situasi yang sangat unik.

Baik untuk pengamatan sehari-hari dan menawarkan kesempatan kepada penanam untuk memindahkan bibit sesuka hati.

Kami suka bahwa biji mudah dilihat dan diikuti ketika berkecambah dan mudah untuk menghapus dari pot mereka.

Keuntungan : Pengamatan yang mudah, pembibitan yang tegak, sirkulasi udara yang baik, aplikasi bahan kimia atau pupuk yang mudah, aplikasi panas bagian bawah, dan pemindahan bibit secara mandiri sesuai kebutuhan.

Kekurangan : Agak lebih sulit untuk diatur, berpotensi lebih sedikit panas atau kelembaban, risiko pengeringan yang lebih besar, peluang kontaminasi jaminan oleh jamur.

Itu harus menyediakan substrat akar, kelembaban, nutrisi dan aerasi.

Idealnya cukup longgar untuk penetrasi radikal perkecambahan tanaman palem merah yang mudah.

Itu harus menerima air dengan mudah dan tidak mengering terlalu cepat.

Ada berbagai pendapat tentang campuran ideal. Campuran dapat dibuat dengan tangan atau dibeli sebagai campuran perkecambahan. Biasanya yang digunakan adalah campuran perlit dan gambut dalam rasio 2: 1 atau 3: 1.

Bahan pembasah sering ditambahkan ke medium untuk membantu penyiraman.

Lumut gambut murni dapat digunakan tetapi dapat berubah menjadi blok keras jika dibiarkan mengering sepenuhnya.

Media lain: Sphagnum moss, pasir, serutan, dll.

Saat bibit berkecambah dan tumbuh, media pertumbuhan yang berbeda diperlukan. Kombinasi hanya lumut gambut dan perlit tidak lagi memadai.

Tahap 6: Pemupukan Bibit Palem Merah


Ini bisa bermanfaat setelah perkecambahan terjadi. Tapi, untuk berkecambah benih, pupuk tidak diperlukan. Anda hanya membuahi "tanaman", bukan "biji".

Yang terbaik adalah menggunakan larutan pupuk encer. Beberapa akan menggabungkan fungisida dengan pupuk.

Ingat, telapak tangan membutuhkan pupuk yang berbeda. Rasio "N / P / K" adalah seperti yang ditunjukkan di sebelah kiri.

Kami merekomendasikan pupuk larut untuk bibit. Tapi, Anda harus mencairkannya, sekitar 1/3 kekuatan biasa. Lihat foto di sebelah kanan.

Pupuk murah "Merek X" kemungkinan besar akan membakar bibit baru Anda. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda beli.

Jangan sekali-kali memberi pupuk pada bibit yang tanahnya sudah kering. Bibit pra-air sebelum menerapkan pupuk.

Tahap 7: Pemindahan Bibit Baru


Biasanya ketika setidaknya ada satu daun yang terbentuk sepenuhnya ada. Idealnya, saya menunggu daun kedua atau ketiga.

Waktu paling rentan untuk kematian bibit adalah ketika melakukan transplantasi awal. Jadi, pastikan bibitnya cukup jauh sebelum Anda mencabutnya dan menuangnya. Dengan "Teknik Baggie", Anda harus memperbaiki lebih cepat daripada dengan teknik lain.

Biji sering kali bertabur secara sporadis. Oleh karena itu, orang mungkin perlu memanen bibit yang siap dan menempatkan benih yang tersisa kembali ke pot komunitas untuk perkecambahan lebih lanjut.

Saat pertama kali merepoting bibit baru, masukkan ke dalam campuran bibit yang sangat terbuka yang menawarkan penetrasi akar baru yang mudah.

Perhatikan pengeringan dengan bibit baru yang ditransplantasikan. Biasanya telapak tangan yang baru pot perlu sering di-mistis ulang. Penggunaan anti-transpiran atau vitamin B mungkin bermanfaat

Setelah mengeluarkan dari pot komunitas adalah waktu yang paling menantang dan berisiko bagi bibit. Jangan kaget jika Anda kehilangan sebagian. Biasanya, jika kita membuang dan menanam lima puluh bibit, kita akan kehilangan sekitar lima dalam beberapa minggu pertama .

Hal yang sama berlaku untuk bibit yang telah di-root yang telah Anda kirim dari Internet. Tapi, angka kematiannya lebih tinggi. Mengantisipasi kehilangan setidaknya 25% dari bibit yang dikirim root.

Karena masalah di atas, kami hanya mengirim bibit dalam pot mereka dengan tanah setelah stabil dan tumbuh.

Demikian tahapan cara penyemaian bibit palem merah menggunakan biji. Kami jual bibit palem merah  dengan berbagai ukuran, Anda bisa mencoba dengan eksperimen lain, selamat mencoba...


Star Bibit Nursery
Jl. Parangtritis KM 17, Yogyakarta
Phone WA: 085747757565

..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar